Pages - Menu

Jumat, 22 Februari 2013

The right money on the right place

Kalian pernah gak denger istilah "The Right Man on The Right Place?". Istilah ini tuh kalo dibilang makanannya seorang manajer personalia,manajer personalia itu kalo di perusahaan bagian yang ngerekrut-ngerekrut tenaga kerja gitu. Jadi isitlah The Right Man on The Right Place itu,misal seorang sarjana ekonomi,bakalan di tempatin di bagian keuangan,sarjana komputer di bagian komputer,sarjana tataboga di bagian dapur,yang buat teh buat bos-bosnya gitu,loh ?



Nah,jadi beberapa waktu yang lalu,waktu saya nemenin dosen saya,kita sedikit ngebahas soal ini. Disitu kita ngebahas soal rampok,tapi bukan rampok yang di pasar-pasar atau dijalan-jalan itu ya. Rampok disini itu yang jenius,bisa ngerampok uang beratus-ratus juta cuma dengan duduk-duduk di rumah. Kita salut dengan orang yang jeniusnya kaya gitu,termasuk saya,saya sangat salut dengan orang kek gitu. Canggih,jenius,namun sayang,kriminal.

Kalo saya pikir-pikir ya,orang kaya gini itu gak salah,kenapa ? Mungkin dia ga punya pilihan lain untuk tetap terus hidup selain ngelakuin hal kek gitu. Dan orang-orang yang kaya gini itu kalo misalnya ketauan,setelah dihukum jangan dilepas gitu aja. Karena justru orang-orang yang kaya ginilah yang harus di rekrut dalam suatu institusi.


Contoh : Misal ada seorang pembobol atm online,terus ketahuan. Nah setelah dihukum,atau sambil di hukum itu menurut saya lebih baik dia itu diajak kerja sama,karena dia tau gimana kelemahan sistem,dan gimana cara mengetahui identitas si pembobol. Nah kalo gitu kan polisi lebih terbantu,bukan ? Misal seorang hacker,atau dia pembobol situs apa gitu,pokoknya yang ilegal deh,terus ketauan,nah orang-orang kaya gini itu bagus kali sebenarnya kalo kerja di bidang intelijen. Kekuatan intelijen pasti bakal semakin kuat dengan adanya orang jenius tadi kan? Ada istilah kaya gini "cara terbaik menangkap seorang maling adalah berfikir seperti maling". Istilah ini itu emang bener-bener bener,nah loh ? Karena logikanya tu gini,misal ada maling,terus ketahuan,nah supaya kita bisa cepat ngejarnya,kita kan harus berfikir kaya maling itu tadi,kalo kita berfikir kaya maling itu tadi,pasti kita tau si maling bakalan lari kemana,bakalan ngumpet dimana,bakalan di kubur dimana.........

Tapi kayanya pemikiran kaya gini itu gak pernah terfikirkan atau emang ga peduli di Indonesia. Saya rasa sih gak cuma di Indonesia ya,di luar negeri juga banyak kaya gitu. Tapi satu yang sering saya kecewakan di negara kita ini,uang itu terlalu lebih hebat dari skill seseorang. Kalo istilah orang bataknya sih "Hepeng mangatur nagaraon". Yah ini bener-bener istilah yang bener. Uang lah yang mengatur negara ini. Mungkin ini salah satu alasan kenapa kita dari berpuluh-puluh tahun yang lalu sampai sekarang masih setia dengan "Negara Berkembang". Guru saya waktu SMA dulu pernah ngomong gini "ibuk dari jaman SD dulu sampai ngajarin kelen sekarang ini Indonesia masih aja negara berkembang". Pemikiran kita dengan pemikiran orang-orang di luar negeri itu bener-bener jauh berbeda. Kalo kita itu yang penting uang dulu. Sampai-sampai orang yang udah sakaratul maut pun mau berobat musti uang dulu,padahal ajal udah mau menanti,miris......

Sama dengan persoalan kalo misalnya kita mau ngelamar kerja,mau masuk ke sekolah atau perguruan tinggi atau apalah yang ada seleksinya,disini yang diuji bukanlah skill atau intelijensi,tapi materi. Sebesar apa kemampuan budget kita,sebesar itu pulalah posisi kita bakal di terima di bagian mana. Sekarang ini kayanya istilah The Right Man on The Right Place itu udah diganti dengan The Right Money on The Right Place. Yah itulah negara kita,hanya mereka yang berkantong tebal yang akan berkuasa. Hukum rimba itu ternyata masih kuat. Itulah alasannya kenapa orang-orang jenius,berbakat,yang mempunyai skill itu menjadi kriminal. Mungkin mereka pernah kalah dalam seleksi,yap seleksi budget,dan kemudian menjadi seorang kriminal. Gak akan ada asap kalo gak ada api,right ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar