Pages - Menu

Rabu, 27 Februari 2013

Dasar fans karbitan !!


"Yah sodara-sodara bola masi digiring dari tengah lapangan,melewati 1,ow 2,3,4 pemain !!! bola di oper kepada Messi,dannnnnnnnnnnn Home Runnnn sodara-sodara!!!!!!!!!!!!!!!



Wah....seru kali emang nonton bola ya,apalagi kalo nontonnya-di-temenin-pacar yang maen tim-tim papan atas. Tapi saya masih bingung kok di bola ada istilah home run yak ? Ah sudahlah..

Nonton bola emang seru,liat 22 orang main di lapangan rumput,dan mereka cuma ngejar-ngejar bola,ntah apa tujuan mereka ngejar-ngejar bola,ntah apa tujuan hidup mereka. Ya sudahlah itu sih urusan mereka,terserah mereka mau ngapain,hidup-hidup mereka kok...Lah ini ngomongin apa sebenarnya ya ?

Oke,kita serius dulu...Jadi tahun 2013 itu emang tahunnya bola ya gan. Kenapa ? Di tahun ini entah kenapa semua orang pada gila bola,mulai dari yang masi muda sampai nenek-nenek,mulai dari laki-laki,sampai yang hampir jadi laki-laki. Mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas,mulai dari jombl.....oke skip.

Apalagi di twitter,saya sampek mikir kalo gak punya tim favorit,atau kalau sampai kita gak ngerti bola,kayanya kita itu gak gaul. Apa lagi abege abege jaman sekarang,bahkan cewe pun yang gak ngerti bola dan gak pernah ngerti bola sama sekali ikut-ikut mulai "sok" ngerti bola,mulai dari sok ngefans sama club tertentu,sok beli-beli jersey,sok ikut-ikut nonton bola,dan masih banyak sok-sok yang lain.

Saya miris liat abege sekarang,labil - labil banget bro. Mereka yang "labil-labil" itu kaya kehilangan identitas. Apa yang lagi ngehits di masyarakat,langsung heboh ikut-ikutan. Ada pribahasa yang bunyinya gini "bagai ayam kehilangan induknya". Ini cocok kali emang buat ngegambarain gimana abege sekarang. Kaya kocar-kacir kehilangan arah gitu. Jadi diri sendiri itu jauh lebih baik padahal. Emang,perbedaan itu pasti menimbulkan masalah,tapi bukannya lebih seru kalo kita itu berbeda-beda,punya ciri khas masing-masing ? Kan seru gitu. Dari pada sama,apa coba yang mau di liat kalo kita itu sama semua ? Kalo kalian pernah nonton kartun "Fairly Odd Parents",kalian pasti tau gimana rasanya kalo kita sama semua,iya sama. Gak ada asik-asiknya bro,datar.Kalo istilah Medan-nya itu "Pantang Tak Top",di singkat PTT. Bisa dibilang abege jaman sekarang itu PTT,banget.

Kembali ke pembahasan kita tadi. Sama kaya sekarang ini,lagi ngehits-ngehist nya bola,yang PTT tadi pun ngikut,mulai dari ikut-ikutan ngefans,ikut-ikutan bacotin fans-fans lain,ikut-ikut lah pokoknya, Dan yang parahnya lagi yang PTT ini malah jadi sok lebih tau bola dari pada yang udah ngerti bola dari jaman Thomas Alfa Edison masi main guli. Ada lagi spesies yang udah gak ngerti,sok-sok ngerti,orang ngejek-ngejek tim,si PTT ini pun ikut ngejek-ngejek tim. Nah yang ini nih yang buat saya "agak" gerem. Padahal dia gak tau sama sekali apa yang di ejek itu. Kalian pasti bisa ngebayangin gimana orang yang gak tau apa-apa,sok-sok ngebacot.

Saya tergerak nulis ini setelah saya di ejek sama seorang PTT. Dia ngejek tim favorit saya,Barcelona. Dia juga ngina-ngina club lain yang katanya copolah,inilah itulah,padahal dia gak tau kalo tim  yang sok disukainya itu udah beribu-ribu kali dibantai sama tim yang di hinanya itu. Trus nih,kalo ada big match big match gitu,sok-sok ngedewain clubnya,trus ngata-ngatain club lawan,yang inilah yang itulah. Saya bener-bener heran gitu,kok segitunya sih ? Yang bener-bener fans bola sejati aja kalo mau ada big match anteng-anteng aja. Kok justru yang gak ngerti satu ini malah sok-sok an,serasa dia yang paling ngerti bola.

Kalo logika sederhananya itu gini. Pemain bola itu kan kalo bisa di bilang kaya entertainer gitu. Penghibur lah ya. Nah mereka kan nonton bola buat menghibur para maniak bola. Kita sebagai orang yang mau dihibur seharusnya nonton itu ya anteng-anteng aja toh,kita kan nonton buat hiburan,jadi buat apa coba emosi-emosian ga jelas gitu ? Nah yang PTT PTT ini justru entah kerasukan setan apa kalo nonton bola pasti hebohnya minta ampun.

Emang sih,nonton bola itu gak rame kalo gak ada ribut-ributnya,tapi ya seharusnya yang ribut-ribut tadi itu cuma sampai pluit babak kedua bunyi. Setelah itu ? Yaudah,selesai. Cukup sampai disitu aja ributnya. Kan udah di hibur,berarti udah selesai dong ya ?

Kalo kata kawan saya yang atlit karate nih,dia pernah bilang kek gini "Kami itu don,kalo uda di matras,mainnya kaya ngotot-ngototan,kaya mau bunuh-bunuhan gitu,kaya ada dendam dari lahir lah. Abis tanding yaudah ketawa-ketawa sama,macam gak ada masalah". Emang bener,dalam pertandingan ya wajar kita emosi,tapi ya cuma emosi sesaat di lapangan aja gitu. Anehnya kenapa pemainnya yang damai,toh fansnya yang emosi ? Lucu. Iya,lucu.

Sampek sekarang itu ada istilah "Fans Karbitan". Fans karbitan ini istilah buat PTT PTT tadi. Yang tak tahu cara main bola,tak mengerti bola,sok-sok an ngomentarin para pemain-pemain tadi. Yang buat lucu itu,kalo timnya menang di puji-puji,di dewa-dewain,tapi kalo kalah ? Dimaki-maki,di hujat-hujat,di bilang paoklah,bodohlah,ini lah itulah. Bukannya kalo gitu lebih dekat ke penjilat ya ? Andik Virmansyah pernah bilang gini "Kalau kalian gak bisa support kami ketika kami kalah,jangan pernah memuji kami ketika kami menang".



Sama kaya fans timnas di tanah air,kalo timnas menang sibuk muji-muji,heboh di twitter,di sosmed lain,pokoknya hebohlah. Giliran kalah ? Heboh juga,heboh ngehujat,heboh maki-maki,heboh lah pokoknya. Emang sih,dunia sepak bola di negara kita lagi kisruh kisruhnya gara-gara rebutan kekuasaan. Saya ngerasa gara-gara kisruh di petinggi ini membawa dampak besar bagi timnas. Gara-gara kisruh tadi orang jadi pada sinis dengan timnas. Andik Virmansyah pernah bilang gini "Kalian boleh benci sama PSSI atau KPSI. Tapi jangan pernah membenci timnas". Mungkin itu salah satu ungkapan kekesalan Andik terhadap fans-fans karbitan di tanah air.


Saya gak mau munafik,saya juga sering ribut gara-gara bola,tapi saya bukan karbitan yang sok tau itu,saya emang pecinta bola udah dari SD. Tapi ribut pun sebatas have fun aja,gak berangsur jadi dendam atau gimana. Saya juga heran kenapa sampai ada akun-akun haters club yang bergentayangan di twitter. Cobalah kalian fikir ? Buat apa coba jadi haters-haters gitu ? Apa coba untungnya ? Kalian jadi haters toh club yang kalian dewakan itu gak bakalan ngegaji kalian kok. Jadi haters itu ga enak loh,banyak musuh,kemana-mana gak tenang,dosa lagi.  Kalian itu jadi bukan kaya suporter bola,tapi kaya tokoh antagonis di sinetron-sinetron. Hidupnya gak pernah tenang.

Saya bukan mau menggurui,tapi kita itu gak boleh terlalu ngedewain sesuatu,kita boleh suka sama sesuatu,tapi gak boleh berlebihan. Yang harus kita agung-agungkan itu cuma satu,Tuhan. Gak ada ruginya kita mengagungkan Tuhan,gak bakal punya musuh,nambah pahala lagi. Sesuatu yang berlebihan itu gak ada baiknya. Kalo suka bola,jadilah pecinta bola yang baik,jangan ikut-ikutan terprovokasi. Saya rasa hina aja gitu gara-gara hal se-sepele itu kita jadi terpecah-pecah. Padahal abang-abang jaman dulu itu sampek ngorbanin nyawa cuma demi nyatuin kita. Masak kita sekarang berbondong-bondong membuat perpecahan ? Gara-gara bola lagi.

Dari pada kita capek-capek ngurusin yang ga penting,mending kita ngurusin negara yang udah gak seimbang ini,korupsi di mana-mana,yang di atas pada gila jabatan. Lebih berguna dari pada ngeributin hal yang ga penting. Suka bola gak salah,suka cari masalah itu yang bener-bener salah. Buat kalian yang fans karbitan yang suka ribut,saya harap abis baca postingan ini kalian cepat tobat. Lebih baik kita bersatu untuk negara ini,bukan bersatu buat jadi haters.

Okelah segitu aja dulu postingan dari Zayn Malik. Salam hangat dari fans Barca #visca el Barca !!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar