Pages - Menu

Selasa, 02 April 2013

Kenapa makin tua makin malas ?

Assalamualaikum nih kawan-kawan pembaca setia (itupun kalo ada yang baca)

Medan panasnya gak nyantai nih. Ntah apa yang buat Medan jadi segini panasnya. Apakah medan sedang meradang abis liat mantannya jalan sama pacar barunya ? Ntahlah, biarlah itu menjadi rahasia Tuhan. Tapi ngeliat lingkungan yang makin gak beres, kayanya wajar kalo panasnya kaya gini. Dimana-dimana bangunan,dimana-mana ruko,dimana-mana di atas dunia......

Tapi disini saya gak bakal cerita tentang Medan yang lagi meradang abis liat mantannya, atau berita tentang Eyang Subur vs Adi Bing Slamet yang ga ada habisnya. Biar lah itu jadi urusan mereka masing-masing.
Jadi sesuai judulnya nih,enggak tau kenapa makin bertambah umur makin bertambah pula tingkat kemalasan. Dan setelah saya lakukan penelitian di salah satu sekolah PAUD di dekat rumah saya,ternyata bukan saya aja yang kaya gitu. Ternyata gak sedikit orang yang sama kaya saya.

Transisinya itu lebih kurang kaya gini :

Waktu SD,rajinnya luar biasa,kalo soal ranking mah jangan ditanya,pasti selalu ranking. Udah SMP,dapet temen baru. Udah mulai sedikit kendur belajarnya,ada yang karena terikut kawan,ada yang karena udah kenal lawan jenis,ada pula yang karena udah jadi korban eyang subur.....

Naik lagi ke SMA,kenal kawan yang lebih baru lagi. Berhubung SMA itu adalah masa pencarian jati diri,kebanyakan remaja SMA itu malah jadi lupa mencari ilmu,karena keasyikan mencari jati diri. Difase ini tingkat kemalasan udah yang paling optimal. Dari kelas satu,masih beradaptasi dengan lingkungan baru,kawan-kawan yang baru,yang sudah pasti lebih dewasa kan,namanya juga udah SMA. Naik lagi ke kelas 2,pencarian jati diri lebih gencar lagi,di tahap ini otomatis proses mencari ilmu lebih sedikit. Naik lagi ke kelas 3,disini proses pencarian jati diri masih gencar,namun berhubung kelas 3 bakalan UN dan SNMPTN,jadi belajar juga gak kalah gencar.

Tamat SMA,kuliah. Beuh,tamat SMA itu rasanya kaya udah hebat kali bro. Serasa hidup itu baru aja dimulai. Udah gak perlu pake seragam,ga perlu rapiin rambut supaya ga kena calang,ga perlu takut disetrap di gerbang karena terlambat,pokoknya hebat lah. Waktu awal awal kuliah,rata-rata mahasiswa baru itu pasti petentengan. Datang ke sekolah,liat adik-adik kelas yang masih make seragam,beuh serasa kitalah yang paling hebat. Apalagi kalo bagi anak cowok yang merokok,kalo biasanya dulu waktu SMA ngerokok ngumpet-ngumpet dikamar mandi,sekarang ngerokok udah bisa terang-terangan di depan guru,udah paling hebat lah rasanya. Difase ini juga tingkat kemalasan itu paling optimal,ya namanya aja masi baru-baru ngerasa dunia perkuliahan,udah bisa gondrong,pake baju bebas,liat mahasiswi-mahasiswi yang yahut,beuh pokoknya dewalah.

Dari contoh transisi tadi bisa kita liat,ternyata emang bener,semakin kita naik level,semakin bertambah pula tingkat kemalasan kita. Mungkin karena faktor-faktor yang kuat tadi,kaya kawan baru,suasana baru,yang buat kita jadi semakin malas. Malas belajar,iya malas belajar. Kita lebih sibuk beradaptasi dengan lingkungan dari pada beradaptasi dengan pelajaran. Kalo udah di akhir-akhir,barulah belajar itu adalah suatu yang bener-bener penting.

Jadi saran saya nih, emang adaptasi dengan lingkungan baru itu seru, suasana baru, kenal orang-orang baru, yang cowo kenal cewe-cewe baru, dan yang cewe kenal om om baru, eh enggak, cowo cowo baru, tapi jangan sampai kita terlena, kaya lagu dangdut itu.

Jangan sampai kita terlalu sibuk dengan lingkungan baru kita, sampai-sampai kita lupa dengan tujuan kita sebenarnya, yah tujuan kita sekolah itu kan buat belajar, buat membangun karakter, buat cari jodoh juga.......

Okelah,segitu aja dulu buat kali ini, semoga buat kalian yang mau UN, lulus dengan nilai yang memuaskan, yang mau SNMPTN, lulus di universitas yang kalian inginkan, buat yang pacaran semoga segera putus, dan buat yang jomblo semoga makin jomblo.........


Wassalam



Sergio Busquets

Tidak ada komentar:

Posting Komentar