Pages - Menu

Minggu, 07 April 2013

Globalisasi atau Reproduksisasi ?

Tadi pagi waktu aku lagi nyari kedai buat ngisi pulsa, aku ngeliat ada sepasang suami istri yang lagi jalan-jalan pagi di depan gang rumah. Awalnya aku ngira kalo mereka itu abang adik. Tapi waktu aku ngelewatin mereka, aku kaget, cewek yang kayanya masih SMP ini perutnya udah segede galon depot air minum asli dari mata air berastagi yang 3000-an aja bro.

Kasian cewek ini, masi kecil udah ngandung anak kecil aja.  Tapi yang jelas semoga beliau selalu bahagia dimanapun dia berada.
Aku jadi heran, ternyata sekarang itu bukan cuma era globalisasi aja, aku pikir sekarang itu juga era "Reproduksisasi". Apa itu era reproduksisasi ? Ntahlah, aku juga ga ngerti.

Mungkin pepatah "banyak anak banyak rezeki" yang udah ada dari dari jaman dulu itu emang bener-bener hebat, sampai-sampai masi bertahan hingga di jaman secanggih ini. Dan ternyata banyak di kalangan remaja yang memegang teguh pepatah ini, bisa dilihat dari banyaknya remaja yang udah memiliki keturunan.

Aku masih memaklumi mereka-mereka yang udah punya keturunan di usia dini, tapi emang udah nikah secara halal, dan menikahnya itu emang karena keinginan atau kemantapan hati mereka buat menikah. Tapi faktanya beda, rata-rata mereka yang menikah ini karena cewenya udah ngandung duluan,kalo bahasa bataknya sih Merit bay eksiden.

Kalo dibilang miris, emang miris. Mereka yang seharusnya masih punya banyak waktu buat ngerangkai masa depan, harus terhenti karena kewajiban buat ngurusin bayi mereka. Belum beban orang tua yang semakin bertambah. Ga masalah kalo si cowo udah berpenghasilan, gimana kalo yang masi kuliah ? Buat makan sendiri aja masih dari orang tua, gimana mau ngasi makan anak dan istrinya ntar. Aku gatau siapa yang harus di salahkan. Yang jelas, asal kita tau batasan-batasan, hal-hal kaya gini ga bakalan terjadi.

Jadi buat kalian yang lagi pacaran, terutama buat yang cewek, kalian harus tau batasan-batasan. Cowok yang bener-bener cinta sama pasangannya itu bukan yang bisa buat perut ceweknya berisi, tapi yang bisa mengisi hidup ceweknya dari mulai ga punya apa-apa sampai punya segalanya.

Bakalan  ada kok saat dimana kita bakalan ngerasain punya anak yang lucu-lucu, hidup bareng pasangan, pokoknya berdua terus sama pasanganlah. Tapi itu nanti, bukan sekarang. Sekarang tugas kita buat mengumpulkan modal buat hidup bahagia di masa depan. Bakalan lebih indah kalo sekarang ini kita susah-susahan bareng pasangan untuk modal buat hidup seatap dan buat anak kelak, ketimbang desah-desahan bareng pasangan yang ujung-ujungnya malah ngancurin masa depan sendiri. Okesip.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar